Clock

Total Tayang

Alexa

Flag Counter

Tuesday, October 22, 2013

Inspirasi Chip Qualcomm dari Otak Manusia

Pembuat chip Qualcomm mengungkap progres mereka untuk mengembangkan arsitektur chip yang terinspirasi dari otak manusia. Komputer yang dapat meniru otak manusia merupakan tantangan yang menarik bagi para ilmuwan komputer.


Dilansir Phys, Senin (14/10/2013), Qualcomm bekerja di sebuah arsitektur komputer yang meniru proses otak. Dalam sebuah blog, Director Business Development Samir Kumar mengungkap gambaran umum dari perusahaan prosesor Zeroth, yang pengembangan chipnya terinspirasi dari otak.

"Selama beberapa tahun terakhir tim penelitian dan pengembangan kami telah bekerja pada arsitektur komputer baru yang melanggar cetakan tradisional. Kami ingin menciptakan sebuah prosesor komputer baru yang meniru otak manusia dan sistem saraf," kata Samir

Sehingga, lanjutnya, perangkat memiliki kemampuan kognisi yang didorong oleh komputer yang terinspirasi dari otak. "Inilah kemampuan pemroses Qualcomm Zeroth," tambahnya.

Perusahaan yang berkantor pusat di San Diego, California memiliki visi chip yang dinamakan "neuro-inspired" untuk robot, sistem penglihatan, implan otak dan smartphone. Dengan chip terbaru ini, sistem diklaim dapat memproses informasi dengan lebih efisien ketimbang chip yang dikembangkan sebelumnya.

Qualcomm berfokus pada kelas prosesor yang disebut unit pengolahan saraf (NPU). Ini dirancang untuk menjadi pararel masif, yang dapat diprogram ulang serta memiliki kemampuan tugas-tugas kognitif seperti klasifikasi dan prediksi.

Untuk perangkat masa depan, visi Qualcomm bisa membuat smartphone yang memiliki kemampuan NPU. Sehingga, handset dikatakan akan mirip seperti hewan peliharaaan yang bisa dilatih. Penggunanya bisa mengajar dan melatih perangkat telefon

No comments:

Post a Comment